Free Essay

Jancuk

In: English and Literature

Submitted By thereverend
Words 1056
Pages 5
PERIKLANAN

Meskipun jaman sekarang orang banyak yang beriklan melalui situs, tetapi hanya dengan sekilas melihat pada surat kabar atau majalah masih banyak terdspat iklan, ini membuktikan bahwa iklan cetak masih populer. Agar sukses merekrut pekerja melalui media cetak, pemeri kerja harus menangani isu sebagai berikut.

1. Media, efektif tidaknya perekrutan melalui media tergantung pada posisi yang anda rekrut, sebagai contoh jika anda mencari pekerja untuk pekerjaan seperti misalnya sekertaris atau pegawai kantor biasa, mungkin akan dengan mudah didapatkan jika kita beriklan di surat kabar biasa, tetapi jika kita mencari penjahit untuk bekerja di toko jahit kita, maka kita harus memasang iklan di majalah khusus jahit

2. Menyusun iklan, pengiklan yang berpengalaman akan menggunakan AIDA ( attention, interest, desire, action) untuk menyusun iklan, peratama tama mereka akan menarik perhatian pada iklan yang mereka pasang, lalu meteka mengembangkan minat pada pekerjaan tersebut.

AGENSI PEKERJAAN

Terdapat tiga jenis utama dari agensi pekerjaan, yaitu :

1. Agensi pemerintah dan nirlaba, agensi ini melalui sokongan dan melalui bantuan lain seperti bank pekerjaan nasional memungkinkan penasihat agency untuk memberi tahu pelamar mengenai pekerjaan-pekerjaan yang terdapat di negara bagian lainnya juga.

2. Agensi swasta, agensi swasta merupakan agensi yang penting dari personel kepegawaian dan manajerial. Mereka membebankan biaya untuk setiap pelamar yang mereka tempatkan. Gunakan agensi seperti ini jika :

- perusahaan anda tidak mempunyai departemen sumber daya manusia sendiri

- anda harus mengisi sebuah pekerjaan dengan cepat

- terdapat kebutuhan untuk menarik lebih banyak pelamar minoritas atau perempuan

- anda ingin menarik individu yang sekarang telah bekerja

-anda ingin mengurangi waktu yang anda gunakan untuk merekrut

PEKERJA TEMPORER DAN STAF ALTERNATIF

Pemberi kerja dapat memperkerjakan pekerja temporer baik melalui perekrutan langsung maupun melalui agensi staf kotemporer. Pemberi kerja biasanya membayar orang-orang ini secara langsung, seperti halnya kepada seluruh karyawan mereka, tetapi mengklasifikasikan mereka secara terpisah. Tetapi banyak kekhawatiran saat menjadi pekerja temporer, yaitu:

1. Diperlakukan oleh pemberi kerja dengan cara yang tidak manusiawi

2. Merasa tidak aman mengenai pekerjaan mereka san pesimistis mengenai masa depan

3. Merasa khawatir karena mereka tidak memiliki tunjangan asuransi dan pensiun

4. Diberi pengertian menyesatkan mengenai penugasan mereka dan khususnya mengenai apakah tugas temporer tersebit berkemungkinan menjadi full timer

OFFSHORING DAN OUTSOURCING PEKERJAAN

alih-alih membawa orang masuk untuk melakukan pekerjaan perusahaan, outsourcing dan offshoring mengirimkan pekerjaan ke luar. Outsourcing berarti menyuruh vendor dari luar untuk menyuplai layanan yang sebelumnya dilakukan karyawan perusahaan sendiri di dalam perusahaan. Offshoring berarti menyuruh vendor dari luar atau karyawan di luar negeri untuk menyuplai layanan yang sebelumnya dilakukan karyawan perusahaan sendiri di dalam perusahaan.

PEREKRUT EKSEKUTIF

Perekrut eksekutif merupakan agensi pekerjaan khusus yang digunakan pemberi kerja untk mencari bakat manajemen puncak untuk klien mereka. Ptesentase posisi perusahaan yang diisi oleh layanan ini, mungkin kecil. Namun, pekerjaan ini meliputi eksekutif kunci dan posisi teknis. Untuk posiai eksekutif, perekrut ini mungkin menjadi satu-satunya sumber pencarian. Bekerja dengan perekrut seperti ini membutuhkan kehati-hatian. Dalam memilih dan bekerja dengan mereka, pedoman-pedoman nya adalah :

Pastikan bahwa perusahaan tersebut dapat melakukan pencarian menyeluruh

Temuilah individu yang benar-benar akan menangani penugasan kita

Pastikan untuk menanyakan berapa biaya yang dibebankan perusahaan pencari tersebut, buatlah perjanjian secara tertulis

Pastikan perekrut tersebut dan anda sepakat mengenai individu seperti apakah yang akan diperkerjakan untuk posisi tersebut

Tanyakan pada perekrut tersebut telah memeriksa kandidat pada akhirnya. Jangan terkejut jika ternyata mereka tidak menyaring dan memeriksa kandidat trsebut.

Jangan pernah mengandalkan hanya pada perekrut untuk melakukan semua pengecekan referensi.

Pertimbangkan untuk menggunakan perekrut yang mempunyai keahlian khusus dalam industri spesifik kita.

RUJUKAN DAN WALK-IN

karyawan rujukan merupakan opsi perekrutan yang sangat penting. Di sini pemberi kerja memasang pengumuman lowongan dan meminta rujukan di situs online, papan pengumuman, atau dinding informasi perusahaan mereka. Sering kali mereka menawarkan hadiah atau imbalan tunai untk rujukan yang betakir diperkerjakan di perusahaan mereka. Sementara walk in adalah lamaran langsung yang dilakukan di kantor kita dan merupakan sumber pelamar yang terbesar. Terkadang hanya dengan memasang tanda bahwa kita memerlukan pekerjaan dapat menjadi cara yang paling efektif untk menarik para pelamar kerja.

PEREKRUTAN PERGURUAN TINGGI

cara kerja perekrutan seperti ini adalah dengan mengirimkan perwakilan pemberi kerja ke kampus suatu pergutuan tinggi untuk menyaring pelamar dan menciptakan kelompok pelamar dari angkatan yang akan lulus dari perguruan tinggi tersebut yang merupakan sumber penting peserta pelatihan manajemen dan profesional dan karyawan teknis. Sebuah studi menyimpulkan bahwa lulusan baru perguruan tinggi mengisi sekitar 38 persen dari semua pekerjaan yang diisi secara eksternal yang membuthkan gelar perguruan tinggi

TELECOMMUTER

Telecommuter melakukan semua atau sebagaian besar pekerjaan mereka dari jarak jauh, sering kali dari tumah, dengan menggunakan teknologi informasi. Sebagai contoh jet blue airways menggunakan agen-agen yang bekerja dirumah untuk melayani reservasi tiket mereka. Mereka menggunakan komputer dan teknologinyang disuplai oleh jetblue dan menerima pelatihan jetblue.

PEREKRUTAN MILITER

Banyak personel militer merupakan sumber karyawan yang terlatih dan mempunyai disiplin yang sangat bagus. Militer mempunyai program untuk memfasilitasi tentara untuk mencari pekerjaan. Sehingga orang militer seperti tentara merupakam salah satu sumber perekrutan yang bisa dipertimbangkan oleh berbagai perusahaan.

MEREKRUT ANGKATAN KERJA YANG LEBIH BERAGAM

Alat-alat perekrutan yang didefinisikan diatas juga berguna untuk pelamar minoritas. Akan tetapi perekrutan seperti itu membutuhkanbeberapa langkah khusus.

MEREKRUT WANITA

dengan kemajuan yang telah dicapai wanita dalam mendapatkan dan mampu unggul di beragam pekerjaan profesional, manajerial dan militer, orang berasumsi bahwa tidak diperlukan cara khusus untuk merekrut wanita, ternyata hal itu salah. Sebagai contoh, wanita masih mengahadapi rintangan tertentu dalam perkerjaan yang didominasi laki-laki seperti dalam bidak teknik. Wanita juga membawa beban yang lebih beratkarena harus membesarkan anak, dan hanya mendapatkan 70% bagian dalam pekerjaan. Oleh karena itu pemberi kerja harus memberikan syarat syarat jika wanita ingin, mendaftar pada sebuah pekerjaan.

2. MEREKRUT ORANG TUA TUNGGAL

banyak orang tua tunggal membuthkan libur untuk mengurus anak mereka yang sakit, dengan adanya permasalahan seperti ini, langkah pertama afalah menarikdan mempertahankan orang tua tanggalnaalah dengan membuat tempat kerja ramah pengguna. Survei mengatakan bahwa sikap suportif dari pihak penyelia dapat sangat berguna untuk membuat penyeimbangan pekerjaan tumah bagi orang tuantunggal menjadi lebih ringam.

3. PEKERJA BERUSIA LANJUT

ketike berhubungan dengan perekrutan pekerja berusia lanjut, pemberi kerja tidak mempunyai banyak pilihan. Segmen angkatan kerja yang tumbuh paling cepat adalah mereka yang berusaha dari 45 hingga 64 tahun. Di sisi positifnya, banyak survei yang menyimpulkan bahwa pekerja berusia lanjut cenderung memiliki tingkat absen yangntinggi dan kebiasaan kerja yang lebih baik daripada pekerja muda, konsekuensi nya mungkin kitanharus memberikan jadwal kerja yang fleksibel bagi pekerja berusia lanjut.…...

Similar Documents